Xtrade Header

Forex

The FED Menunda Menaikkan Suku Bunga

on

BisnisKeuangan – The Federal Reserve memutuskan untuk tidak menaikkan tingkat suku bunga saat ini, hal tersebut merupakan hasil pertemuan dua hari mereka pada hari Kamis, 17 September 2015 waktu setempat. Hal ini membuktikan apa yang menjadi keyakinan mayoritas para pelaku pasar.

Indeks Dolar AS mengalami pelemahan, hal tersebut adalah respon dari keputusan yang dihasilkan oleh The FED. Bahkan, jika melihat perdagangan EURUSD, saat ini berada pada level tertingginya selama tiga minggu kebelakang.

Selain itu, pergerakan harga emas mengalami penguatan hingga berada pada level tertingginya selama dua minggu kebelakang. Harga emas di pasar spot mengalami penguatan sebesar 0.8% per troy ons.

Keyakinan para pelaku pasar didasari berdasarkan pada data ekonomi sebelumnya yang menunjukkan bahwa indeks harga konsumen AS mengalami penurunan secara tidak terduga pada bulan Agustus lalu.

Kondisi perekonomian dunia saat ini merupakan salah satu pertimbangan The FED untuk menunda kenaikan suku bunganya, dimana kondisi perekonomian dunia sangat rentan apabila The FED menaikkan tingkat suku bunga saat ini.

Meskipun suku bunga belum dinaikkan saat ini, para pelaku pasar masih tetap optimis bahwa suku bunga akan tetap dinaikkan pada tahun ini, sehingga kebijakan moneter berpeluang besar akan dilakukan pada akhir tahun ini.

Diperkirakan perdebatan mengenai kenaikkan suku bunga AS akan ramai kembali pada pertemuan The FED selanjutnya di bulan Oktober 2015.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: