Xtrade Header

Saham

Saham Menurut Pandangan Hukum Islam

By

on

Seperti sudah kami berikan terlebih dulu, saham yang sesuai sama syariah hanya saham yang diterbitkan oleh perusahaan yang kegiatannya tak bertentangan dengan sebagian ketentuan syariat Islam.

FBS Markets Inc

Tetapi walaupun sudah penuhi kriteria itu, tak semuanya type saham 100% halal untuk diperdagangkan, lantaran saham juga bermacam macamnya

Saham yang diperjualbelikan di pasar modal, dilihat dari sisi kekuatan dalam hak tagih atau juga klaim, umumnya saham bisa diklasifikasikan kedalam dua type :

1. Saham Umum (Common Stok)

Dengan cara hukum dan juga prinsip syari’at Islam, tak kenapa seorang mempunyai saham type ini.

Hal semacam ini karena perserikatan dagang dalam Islam di bangun diatas azas persamaan hak dan juga keharusan yang terwujudkan dalam saham umum.

Oleh karenanya tak ada kesangsian kalau menerbitkan dan juga memperjualbelikan saham type common stok yaitu halal.

2. Saham Istimewa/Preferen (Preferred Stok)

Badan fiqih di bawah organisasi OKI, yakni International Islamic Fiqih Academy, dengan tegas menyebutkan : Tak bisa menerbitkan saham preferen yang mempunyai konsekwensi memberi jaminan atas dana investasi yang ditanamkan, atau juga memberi keuntungan yang berbentuk tetaplah, atau juga memprioritaskan pemiliknya saat pengembalian investasi atau juga pembagian deviden.

OctaFX

Ini karena ada hadits yang berbunyi, ” Pendapatan/keuntungan yaitu imbalan atas kesiapan memikul kerugian. ” (HR. Ahmad, Abu Da-wud, at-Tirmidzi, an-Nasa’i dan juga dihasankan Syaikh al-Albani)

3. Saham Kosong (Blank Stok)

Saham kosong yaitu saham yang memberi pemiliknya hak untuk terima dividen, namun di lembaran sahamnya sendiri tak terdaftar nilai spesifik, dan pemegangnya tak mempunyai hak untuk menghadiri RUPS maupun menyumbangkan suaranya dalam pemilihan kebijakan perusahaan.

Saham kosong diberikan perusahaan pada mereka yang dikira berjasa pada perusahaan atau juga diterbitkan sebagai usaha untuk memperoleh modal penambahan tanpa ada seijin pemegang saham yang lain.

Baca Juga :   Pengertian Pasar Modal

Saham sejenis ini memanglah dapat berguna, namun kerap dipakai dalam usaha pengambilalihan paksa satu perusahaan.

Ketiadaan nilai spesifik di lembaran sahamnya juga jadikan saham kosong termasuk juga aset spekulatif.

FBS Markets Inc

Oleh karenanya, berdasar pada hadits, ” Rosululloh SAW melarang jual beli lewat cara melempar batu dan juga yang memiliki kandungan ghoror (unsur spekulasi). ” (HR. Muslim), jadi umumnya ulama melarang penerbitan saham kosong.

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: